Membangun 3 Pilar Untuk Kota Malang Kondusif

KOTA MALANG - Sudah saatnya, antara TNI Polri dan Muspika secara bersama-sama menciptakan Kota Malang yang ama  dan kondusif. kini, ketiga lembaga tersebut mengikrarkan diri untuk menjadi 3 pilar utama dalam Pemeliharaan Kemanan dan Ketertiban Masyarak (Harkamtibmas).


Pemerintah Kota Malang

Letkol. Inf. Gunawan Wijaya selaku Komandan Kodim 0833 memberikan sambutan mengenai tingkat keberhasilan yang mampu diukur dwngan kondusifnya situasi Kota Malang. 

"Kita berharap, situasi Kota Malang selalu kondusif. Kalau bisa anggota TNI Polri tidur-tiduran tanpa ada yang harus dilakukan, untuk membuktikan bahwa Kota Malang itu aman.", candanya.

Dandim menambahkan, walaupun Kota Malang situasinya aman dan kondusif, para anggota terutama TNI Polri tidak boleh lengah. Diharapkan pula, sinergitas antara TNI Polrei mampu ditingkatkan, mampu bekerjasama tanpa terpatut ranah kerja yang terlalu mengikat.

Polri TNI dan Pemda Kota Malang bersinergi. Kodim berkoordinasi dengan Danramil. Serta meningkatkan kembali dengam terobosan metode-metode baru. Diperlukan sambang RT/RW di tiap kelurahan yang ada di kota Malang.

AKBP. Toto Suharyanto dan Sutiaji
Memasuki tahun politik di 2014, dandim optimis bahwa Kota Malang tidak ada perusuh dari langkah antisipatif anggota pengamanan.

Wawalikota Malang, Sutiaji, menambahkan bahwa prestasi adalah sunah Tuhan. Semua orang bisa berprestasi. Lebih lanjut, terdapat 3 unsur dari sinergitas itu sendiri, yakni:

1. Keyakinan
Gak mungkin apa yang kita lakukan adalah hal yang baik

2. Ada Cara
Kita butuh teknik dan cara untuk mewujudkan sebuah keyakinan. Niat baik, dengan cara yang salah, percuma.

3. Kebersamaan
Tentu tidak hanya satu elemen yang bekerja, namun bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama.

Fitrah manusia adalah kebersamaan, karena mambawa kedamaian. Yang tak kalah susah adalah menjaga komitmen. Komitmen itu penting, kalo ada perubahan harus diputuskan bersama-sama.

Dikota malang sendiri, tiap tahu, mahasiswa luar kota yang datang tak kurang dari 50.000 orang. Adakalanya, pengurangan tidak seimbang sehingga menambah populasi di Kota Malang.

Kapolresta banyak memuji para penerima penghargaan. Yakni 9 anggota Polri, 1 anggota Muspida, 1 anggota PNS Polri, 4 anggota TNI. 

Sinergitas itu kata kuncinya adalah rukun. Saling bantu, saling tolong, gak rebutan. Bekerja sesuai dengan komperensi dan dengan goal yang sama. Indikator nya adalah, Camat Danramil Kapolsek semuanya datang. Selain itu, sinergi ada dua pola, otomatis dan terpaksa.

Sebagai simbolis, ke-15 anggota berprestasi menerima penghargaan yang diberikan secara berturut-turut oleh Dandim 0833, Wakil Walikota Malang, dan Kapolres Malang Kota.

Selain terbentuknya 3 pilar sinergitas untuk membangun Harkamtibnas yang lebih baik, sebelumnya juga sudah dilakukan penandatanganan MoU mengenai Gakumdu dengan melibatkan TNI/Polri, Kejaksaan, dan Muspida setempat menjelang Pemilu dan Pilcaleg di tahun 2014.


Post a Comment