7 Penyakit Mengincar Kita Saat Banjir

Maraknya musibah banjir di beberapa kota di Indonesia tidak serta merta hanya memberikan kerusakan terhadap infrastruktur yang ada. Namun di sisi lain, apalagi pasca banjir berpotensi bermunculan berbagai macam penyakit yang harus diwaspadai.

1. DIARE
Illus: Penderita Diare
Beberapa tandanya adalah buang air besar Anda yang lebih encer daripada biasanya, bahkan dalam sehari Anda bisa buang air besar 3 kali atau lebih. Terkadang disertai darah dan lendir, hal itu disebabkan adanya proses inflamasi pada usus dan lambung.

JENIS-JENIS DIARE
Diare Akut : diare tiba-tiba yang terjadi pada bayi dan anak, padahal sebelumnya kesehatannya baik.

Diare Kronik
: diare terus-terusan hingga 2 minggu bahkan lebih, sehingga kehilangan berat badan, atau berat badan yang tidak bertambah saat masa diare.

Dengan kebiasaan mencuci tangan, serangan diare dapat diminamilisir. Selain itu, harus cuci tangan sehabis buang hajat. Pencegahan dapat dilakukan pula dengan perebusan air hingga mendidih sebelum dikonsumsi. Yang terakhir, jaga kebersihan lingkungan dan bersihkan tumpukan sampah yang ada disekitar Anda.


2. DEMAM BERDARAH
Munculnya genangan-genangan air saat banjir berpotensi memberi kesempatan indukan nyamuk aedes aegypti berkembang lebih cepat. Apalagi jika di sekitar Anda banyak barang bekas yang sebagai wadah pembentuk genangan air baru.

Nyamuk 'Aedes Aegypti'

Lakukan gerakan mengubur barang bekas untuk mengurasi potensi genangan air baru. Jika belum sempat, tengkurapkan barang-barang yang ada agar tidak menjadi cekungan sehingga tidak tergenang air dan tercipta jentik-jentik.

Jika salah satu dari keluarga Anda sakit dengan gejala panas tanpa sebab, lekas bawa ke sarana kesehatan terdekat.

3. PENYAKIT LEPTOSPIROSIS
Penyakit yang disebabkan bakteri leptospira ini merupakan penyakit zoonosis yang ditularkan oleh tikus melalui kotoran dan kencingnya. Apalagi saat bencana banjir, banyak genangan air memasuki liang-liang tanah tikus sehingga memaksa mereka untuk keluar.

Penularan bakteri leptospira bisa melalui luka seseorang yang menjadi satu genangan dengan air yang tercampur dengan kotoran dan kencing tikus. Lalu, orang yang tertular itu terinfeksi dan jatuh sakit. Penyakit ini memiliki gajala tiba-tiba sakit kepala, panas mendadak, dan menggigil.

4. ISPA

5. PENYAKIT KULIT

6. PENYAKIT SALURAN CERNA LAINNYA

7. KAMBUHNYA PENYAKIT KRONIS

1 comments:

Wah, ternyata penyakitnya bahaya juga ya...

rifqia-fatikhur.blogspot.com

Reply

Post a Comment