Puasa Mampu Atasi Gangguan Pencernaan

Klojen, Kota Malang - Puasa, dalam umat Islam memiliki arti secara terminologi yakni menahan diri saat siang hari dari makan, minum dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Bulan puasa kali ini benar-benar menjadi momen bagi umat Islam di seluruh belahan dunia yang secara serentak melaksanakan berpuasa satu bulan penuh sebagai bentuk kewajiban tiap individu yang juga merupakan salah satu rukun islam yang harus dipatuhi.

Tahukah Anda, dalam segi kesehatan, puasa juga memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri?

Seperti yang dituturkan salah satu dokter spesialis penyakit dalam RS Syaiful Anwar Malang, Syifa Mustika, menyatakan bahwa puasa mampu mengatasi gangguan pencernaan, karena saat puasa sama artinya dengan mengistirahakan sistem pencernaan yang setiap harinya terus dipaksa untuk melakukan tugasnya.

Tentu hal ini berlaku bagi orang-orang yang menjalankan puasa dengan semestinya. Percuma jika berpuasa dengan melakukan sahur namun saat berbuka ternyata mengkonsumsi makanan jauh lebih banyak yang menyebabkan kondisi sistem pencernaan malah melebihi kapasitas.

Bagi seseorang yang biasa makan tidak teratur, dengan adanya puasa, mampu membina pengaturan makan lebih rapi. Ditandai dengan kedisiplinannya yang patuh terhadap sahur saat mendekati imsak, dan berbuka saat adzan magrib. Dari pola tersebut, otomatis mampu merubah pola makan yang sebelumnya ugal-ugalan menjadi sistem makan yang teroganisir dengan baik. (Data Courtesy, Rahmania Nasir)


Post a Comment